Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Tanggapi Keterlibatan Moeldoko Dalam Bisnis Obat Ivermectin, Rocky Gerung

Tanggapi Keterlibatan Moeldoko Dalam Bisnis Obat Ivermectin, Rocky Gerung

Tanggal 2 Maret 2020, bertempat di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo didampingi Menkes kala itu Terawan Agus Putranto umumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang. ‘‘Tentu jika vaksin komersil, akses nya jauh lebih mudah dan prosedur tidak lama seperti vaksin pemerintah,‘‘ katanya. Ekonom Institute For Development of Economics and Finance Bhima Yudhistira mengatakan, anggaran vaksinasi gratis bisa dicari dengan cara realokasi dari anggaran belanja lain, seperti belanja infrastruktur. Ia tidak memberi contoh upaya mendegradasi ini, namun kasus kandidat obat COVID-19 yang dibuat Universitas Airlangga dan didukung TNI AD dan Badan Intelijen Negara dapat dijadikan rujukan. Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Suwijiyo Pramono tidak memungkiri kalau eucalyptus, kandungan yang terdapat dalam kalung, bermanfaat bagi pasien COVID-19, yaitu melegakan pernapasan dan mengencerkan dahak.

Dalam kaitan itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan memastikan bahwa obat covid-19 yang kelak dapat beredar telah melalui uji klinis dan di bawah pemantauan BPOM. “Seluruh otoritas pemerintah di bidang kesehatan, dari Kementerian Kesehatan, BPOM, berbagai lembaga penelitian, harus keluar dari kemapanan birokrasi, keluar dari prosedur as traditional dan mencari berbagai hal agar keyakinan rakyat untuk memiliki fighting spirit terus dilakukan,” tuturnya. Hasil penelusuran Indonesia Corruption Watch menemukan dugaan keterkaitan anggota partai politik, pejabat publik, dan pebisnis dalam penggunaan obat Ivermectin untuk menanggulangi Covid-19. Polemik Ivermectin menunjukkan bagaimana krisis dimanfaatkan oleh segelintir pihak untuk mendapat keuntungan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD, mengklarifikasi berita yang beredar melalui akun twitter pribadinya @mohmahfudmd. Dalam cuitannya, ia menjelaskan bahwa tidak pernah melaporkan hal tersebut kepada Presiden mengenai adanya obat Covid-19 dari hasil bertapa 40 hari.

“Adapun 2 kandidat lain vaksin Covid-19 uji klinis dan switch teknologi berkolaborasi dengan industri farmasi nasional, yaitu BCHT dan Kalbe Farma ,” kata Lucia. Lucia mengatakan, salah satu hasil uji klinis yang telah dilakukan adalah pada Dexamethasone. Beberapa waktu lalu, Dexamethasone diklaim dapat digunakan untuk terapi Covid-19. Kebijakan Perdagangan Luar Negeri merupakan salah satu bagian kebijakan ekonomi makro.

Sementara, menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, yang dilakukan oleh Airlangga pada akhir pekan lalu tak lebih dari sekadar safari politik. Maka, salah satu cara yang ia lakukan dengan menunjukkan kepeduliannya terhadap situasi pandemik COVID-19 di Solo. Apalagi, dalam penanganan pandemik COVID-19, Airlangga bukan komandan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat wilayah Jawa – Bali. Komentar itu disampaikan epidemiolog dari Universitas Indonesia , Pandu Riono.

Alih-alih demikian, ia bahkan membuka ruang perburuan rente dengan membiarkan instansi tertentu campur tangan dalam penanganan covid di luar tugas dan kewenangannya. Distribusi Ivermectin lalu menambah daftar panjang obat-obat yang ditawarkan oleh pemerintah meskipun belum dilakukan uji klinis yang tepat. Selama 18 bulan pandemi, pemerintah telah mengedarkan obat seperti Chloroquine, Avigan, wacana Vaksin Nusantara, hingga Ivermectin. Jika izin produksi dan izin edar sudah dikeluarkan, satgas penanganan Covid-19 diminta untuk segera mendistribusikan obat tersebut ke seluruh rumah sakit yang merawat pasien virus Korona. “Seluruh pasien Covid-19 dirawat dengan terapi dan obat yang sifatnya suportif yang bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang sehingga bisa melawan virus corona,” lanjut Slamet.

Meski demikian, pada tahun berikutnya sektor industri pengolahan kembali tumbuh positif. Di Triwulan II Tahun 2021 pertumbuhan industri manufaktur rebound ke stage positif di angka 6,91 persen. Di samping itu, angka absolut kontribusi sektor industri pengolahan dalam PDB secara umum meningkat meski secara persentasenya terhadap PDB menurun.

Beberapa jam setelah menerima pesan tentang pengobatan dengan bawang putih dari rekan-rekannya, Renanda menerbitkan artikel klarifikasi pada situs COVID-19 dan membantah klaim ini. Dengan memberikan informasi akurat mengenai COVID-19, Renanda berharap keterampilan dan pengetahuan masyarakat untuk menentukan kebenaran suatu informasi akan terbangun. Untuk kehati-hatian, Badan POM kemudian meminta masyarakat agar tidak membeli obat Ivermectin secara bebas tanpa resep dokter, termasuk membeli melalui platform on-line.

Politik Obat Covid

Oleh karena itu, Negara harus bisa mengkomunikasikan kepada semua orang mengenai jaminan tidak akan adanya diskriminasi terhadap akses terhadap vaksin baik soal harga, distribusi, maupun keterjangkauan. Untuk mencapai herd immunity, paling tidak pemerintah harus melakukan vaksinasi 70% dari total populasi, dan itu harus dilakukan sebanyak dua kali. Berdasarkan Perpres No. 99 Tahun 2020 Peraturan Presiden tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi, pemerintah telah menunjuk langsung BioFarma. Tentu kapasitas produksi BioFarma juga terbatas dan harus menggandeng perusahaan lain untuk memperbesar kapasitas produksinya.

Comments are closed.